Jumat, 14 Oktober 2016

Pemahaman Fire Alarm System di Apartemen CER

Pemahaman tentang sistem Fire Alarm yang ada di Apartemen Casablanca East Residences.

PERALATAN SISTEM TERPASANG;

1. Peralatan yang ada di unit-unit terdiri dari sebuah sprinkler dan sebuah heat detector dan LED indikator fire. Sprinkler adalah alat yang berguna untuk memadamkan api secara otomatis dan alat ini merupakan bagian dari fire sprinkler system yang akan mengeluarkan debit air ketika terdeteksi ada api, atau ketika telah melampaui suhu yang telah ditentukan.
2. Peralatan yang berada di area koridor splinker dengan jarak antar sprinkler 3 - 4 meter, smoke detector ditangga darurat dan smoke detector dengan jarak 3 - 4 meter, juga hydrant box ditempatkan pada tengah koridor dekat lift atau dan tangga darurat dengan selang sepanjang 30 mtr berikut nozzlenya serta box APAR.
3. Ruang Panel Listrik peralatannya berupa apar yg berbahan CO2 dan smoke detector serta junction box indicator ke MCFA.
4. MCFA atau Main Control Fire Alarm adalah control Sistem Alarm yang letaknya berada di Control Room, di lantai Basement.

CARA KERJA MASING-MASING PERALATAN FIRE ALARM SYSTEM:

1. Heat Detector: Bekerja mendeteksi adanya suhu panas yg tinggi diruang unit yang terpasang.
2. Smoke Detector: Bekerja mendeteksi adanya asap.
3. Sprinkler: bekerja jika lidah api mencapai tube kaca dan suhu mencapai 60-70 derajat celcius. sprinkler akan pecah dan melingkari api dibawahnya.
4. APAR: Alat Pemadam Api Ringan ditempatkan dalam box kaca dan jika hendak digunakan terlebih dahulu memecahkan kaca pada box.
5. Hydrant box: Pecahkanlah breakglass lebih dulu agar memberikan sinyal fire alarm true... artinya benar terjadi kebakaran dilantai tersebut. Periksa nozzle dan selang apa sudah terpasang dengan benar, bukalah secara perlahan agar air merata menuju selang dan tariklah selang dan pegang nozzle dengan benar menuju sumber api.

LARANGAN YANG HARUS DITAATI:

• Jangan menutup atau menutupi detector ataupun sprinkler di unit bapak ibu tempati. Bila masih ada tutup sejak anda serah terima, bukalah.
• Jangan memecahkan break glass secara dengan sengaja, tanpa ada kejadian kebakaran/true fire.

Semoga tulisan singkat ini, bisa sedikit menambah informasi bapak ibu, karena betapa pentingnya tindakan yang benar dan tepat dalam menghadapi bahaya kebakaran di gedung apartemen.

Chief Engineering CER
Salam CER1a,