Rabu, 17 Agustus 2016

Makna Kemerdekaan di CER 1 Apartment


"Merdeka hanyalah sebuah jembatan, Walaupun jembatan emas..,
di seberang jembatan itu jalan pecah dua:
satu ke dunia sama rata - sama rasa.., satu ke dunia sama ratap - sama tangis!"
(Bung Karno)

+++++++++++++

Anak: Yah ... aku kan sudah bekerja, aku ingin tinggal sendiri, ... supaya lebih bebas dan bisa lepas dari orangtua. Aku pilih di CER1
Ayah: Silahkan nak. selamat menjalani hidupmu.

(beberapa bulan kemudian)

Anak: Yah ... harga sewa apartemennya 1,5jt/bulan, belum cuci seterika, mana makannya ... bayar service charge, listrik, parkir ... duh ... gajiku tidak cukup.
Ayah & Ibu: Itulah harganya kebebasan nak. Bebas atau merdeka, bukan hanya suatu keadaan, tetapi maknanya lebih kepada pernyataan bahwa kamu bertanggung-jawab penuh kepada dirimu dendiri.

+++++++++++++

Memperingati HUT RI ke-71 ini, warga CER1 mengadakan lomba-lomba dan berbagai kegiatan di lingkungan kita untuk memeriahkan suasana peringatan tersebut. Memeriahkan kenangan atas Jembatan Emas yang dimaksud bapak bangsa kita, lalu apa yang bisa kita tarik maknanya bagi lingkungan kita?


Dalam bentuk kecil, kemerdekaan sudah kita lewati sejak 2 April 2016, terlepas dari Developer dan sekarang kita yang baru menyeberangi jembatan emas kita diperhadapkan kepada tanggung jawab untuk menentukan sendiri jalan sama rata sama rasa dan sama ratap sama tangis itu ... dan memerlukan suatu kerjasama untuk itu.



Warga pemilik dan penghuni dengan kewajiban yang sama atas Service Charge/IPL, Sinking Fund, Listrik dll membutuhkan tanggung jawab penuh untuk memelihara lingkungan kita dengan lebih baik. Bentuk tanggung jawab seperti menjaga fasum dan fasos supaya bersih dan rapi tentu bukan hanya di pihak karyawan BP saja, tetapi harus melekat di jiwa dan perilaku kita sebagai warga hunian. Bahkan PPPSRS yang mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai penentu kebijakan yang dipilih warga untuk mewakili warga hunian, harus lebih fokus, tekun, sabar dan tidak cepat puas untuk mengejar banyaknya ketertinggalan dan kekurangan apartemen kita.



Modal Rp.0,- yang ditinggalkan developer bukan alasan bahwa kita tidak bisa menjadi lebih baik, toh resiko itu sudah diambil supaya lepas dari developer ... barangkali kekurangan dana itu hanya memperlambat langkah, tetapi tidak akan bisa menghentikan kehendak warga hunian untuk Berdikari - berdiri di atas kaki sendiri- mengurus apartemen ini menjadi lebih baik. Mitra kerja BP dengan 103 karyawan PPPSRS yang mengurus 1625 Unit Hunian dan Kios seluas kurang lebih 53.000 M2 juga harus menunjukkan kinerja yang semakin hari semakin baik dalam tugas dan tanggungjawab.

Jadi, ... memilih untuk mengambil Hak untuk bebas merdeka, tentu disertai kewajiban untuk bertanggung-jawab melaksanakan kebebasan tersebut dengan baik.



Bebas dari Developer? YA ...
Bertanggungjawab? JUGA YA!
Mudah? TIDAK ...
Sulit? YA ... tetapi bukan berarti tidak bisa atau tidak mungkin :)
Fasum rusak? PERBAIKI ....
Keamanan kurang? TINGKATKAN ....,
Koridor Kotor? BERSIHKAN dan jaga jangan buang sampah sembarangan ...
Dana Kurang? CARI other income dan usahakan selalu supaya IPL dan Listrik masing-masing dibayar tepat waktu demi menjaga kepentingan bersama di apartemen ini .... Masih kurang juga? TETAP BERUSAHA dan mari perjuangkan bersama dana sinking fund kita yang diambil developer ....
Perbedaan pendapat? ..... WAJAR, tapi ingat ... jangan sampai merusak persatuan dengan konflik.



Founding Fathers dan pahlawan bangsa kita sudah membuktikan bahwa mereka mampu melewati jembatan emas dalam perjuangan panjang ..... dan tugas kita mewujudkan serta mengamalkan kemerdekaan dan kebebasan itu di CER1.


YA BUNG! ... CER1 memilih sama rata - sama rasa dan bukan sama ratap - sama tangis!

Karakter perjuangan pahlawan bangsa yang antara lain berani karena benar, jujur, ulet atau tidak mengenal menyerah, disiplin, kreatif, bekerjasama, menghormati orang lain, mengenal potensi diri, dan karakter positif lainnya wajib kita jadikan karakter kita untuk bersama menuju hunian yang lebih baik dan tertata. Ayo maju bersama ... Jalan masih panjang, ....... 5 tahun terhuni, 4 bulan terbebas, 2 bulan PPPSRS 2016-2019 bertugas ..... di dalam 71 tahun Indonesia Merdeka!

Dirgahayu Republik Indonesia!

Jakarta, 71 Tahun Indonesia Merdeka! 17 Agustus 2016
Salam CER1a (CER1 apartment)
PPPSRS-CER1